Rabu, 03 Oktober 2012

Implementasi Grafik Komputer dan Pengolahan Citra

Grafik Komputer

Grafik komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Grafik komputer awalnya berupa bentuk sederhana yang kemudian berkembang dan mengalami perubahan bentuk.
Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.

Implementasi grafik komputer

Grafik komputer dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, mulai dari: bidang seni, sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan. Berikut adalah bidang implementasi spesifik dari grafika komputer:
  • Antarmuka pengguna (Graphical User Interface - GUI) 
  • Peta (Cartography) 
  • Kesehatan 
  • Perancangan objek (Computer Aided Design - CAD) 
  • Sistem multimedia 
  • Presentasi grafik Presentasi saintifik 
  • Pemrosesan citra Simulasi 
Pengolahan Citra

Pengolahan citra adalah salah satu cabang dari ilmu informatika. Pengolahan citra berkutat pada usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu.


Implementasi pengolahan citra

Implementasi yang dilakukan untuk mentransformasikan suatu citra menjadi citra lain dapat dikategorikan berdasarkan tujuan transformasi maupun cakupan operasi yang dilakukan terhadap citra.
Berdasarkan tujuan transformasi operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut :

  • Peningkatan Kualitas Citra (Image Enhancement)
Operasi peningkatan kualitas citra bertujuan untuk meningkatkan fitur tertentu pada citra.

  • Pemulihan Citra (Image Restoration)
Operasi pemulihan citra bertujuan untuk mengembalikan kondisi citra pada kondisi yang diketahui sebelumnya akibat adanya pengganggu yang menyebabkan penurunan kualitas citra.

Berdasarkan cakupan operasi yang dilakukan terhadap citra, Operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut :

  • Operasi titik, yaitu operasi yang dilakukan terhadap setiap piksel pada citra yang keluarannya hanya ditentukan oleh nilai piksel itu sendiri.
  • Operasi area, yaitu operasi yang dilakukan terhadap setiap piksel pada citra yang keluarannya dipengaruhi oleh piksel tersebut dan piksel lainnya dalam suatu daerah tertentu. Salah satu contoh dari operasi berbasis area adalah operasi ketetanggaan yang nilai keluaran dari operasi tersebut ditentukan oleh nilai piksel-piksel yang memiliki hubungan ketetanggaan dengan piksel yang sedang diolah.
  • Operasi global, yaitu operasi yang dilakukan tehadap setiap piksel pada citra yang keluarannya ditentukan oleh keseluruhan piksel yang membentuk citra. 
Implementasi pada Pengolahan Citra contohnya berupa Image Processing. Image Processing dibuat menggunakan MatLab dengan OCR yang di tentukan sehingga dapat memproses sebuah gambar berupa tulisan menjadi bentuk teks yang sesuai dengan gambar tersebut.



Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer
http://id.wikipedia.org/wiki/Pengolahan_citra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar