Jumat, 22 November 2013

Perbudakan Masa Kini


Perbudakan masa kini adalah suatu tindakan yang melanggar Hak Asasi Manusia dari segi manapun. Dan sebuah bentuk kerja paksa dimana melibatkan kepemilikan terhadap seseorang sebagai harta milik. Mereka tidak digaji dan tidak mempunyai hak-hak asasi manusia. Kata “slave” dalam bahasa Inggris berasal dari kata slav, yang menunjuk pada bangsa Slavia, dimana mereka banyak yang ditangkap dan  dijadikan budak pada abad pertengahan.
Pada zaman dahulu, budak adalah pelayan berupa manusia, yang direndahkan harkat, harga diri, dan martabatnya dengan menjadi budak. Dijual, diperintah, diperdagangkan, bagai hewan berbentuk manusia.
Namun pada saat ini, perbudakan masih saja dapat ditemukan pada buruh – buruh, anak di bawah umur, dan wanita pekerja komersial yang sengaja diperdagangkan.
Pada buruh-buruh, kasus mereka adalah bekerja secara keras, namun dibawah tekanan atau bekerja dengan gaji yang sangat minim, dan tidak mengenal waktu libur.
Pada anak-anak dibawah umur, mereka bekerja seperti memecah batu, berjualan atau mengemis dengan dipaksa. Biasanya karena faktor kemiskinan.
Sedangkan wanita pekerja komersial, mereka bekerja dengan dibawah tekanan dan sangat kehilangan hak istimewa mereka sebagai wanita.
Wajah perbudakan zaman dulu dan zaman kini memiliki karakteristik yang sama. Karakteristiknya yaitu dipaksa bekerja keras melalui ancaman fisik atau mental, dimiliki atau dikontrol oleh majikan, biasanya melalui siksaan fisik atau melalui ancaman. Mereka diperlakukan seperti benda, yakni diperjual belikan.  Mereka dibatasi secara fisik, yakni tidak bisa bebas bergerak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar